Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Membuat Kartu Kredit Virtual

Cara Membuat Kartu Kredit Virtual - Saat melakukan transaksi online, tidak jarang Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, bukan? Nah, jika Anda tidak memiliki kartu kredit, kartu kredit virtual mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda!

Cara Membuat Kartu Kredit Virtual

Kartu Kredit Virtual atau Virtual VCC pada dasarnya tidak berbeda dengan kartu kredit fisik. Merupakan alat pembayaran yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, termasuk transaksi online.

Orang biasanya menggunakan kartu kredit virtual karena dua alasan: untuk menghindari risiko kehilangan kartu fisik dan untuk menghindari pembayaran bunga.

Di sisi lain, tren penggunaan kartu kredit virtual yang berkembang karena kemudahannya. Di sini, pengguna tidak perlu mengisi data pribadi dan informasi kartu kredit.

Dikutip dari Akseleran, ada beberapa bank yang menerbitkan Kartu Kredit Virtual, diantaranya:

1. OctoPay

Layanan terbaru dari CIMB Niaga Indonesia ini menyasar pengguna Facebook di Indonesia. Untuk mendaftar OctoPay, Anda harus membuka rekening terlebih dahulu di bank ini.

Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi OctoPay di Facebook dan mendaftar. Setelah mendaftar, Anda harus membuka aplikasi dan melakukan transaksi.

Nantinya, biaya transaksi online melalui OctoPay akan dipotong langsung dari rekening bank tabungan CIMB Niaga Anda. OctoPay juga dapat digunakan untuk keperluan berikut ini:

  • Sebagai virtual credit card
  • Transfer uang,
  • Beli pulsa,
  • Membayar tagihan

2. BNI Debit Online

Berbeda dengan OctoPay, BNI Debit Online menggunakan SMS banking dalam transaksinya. Dalam bertransaksi online, Anda akan mendapat nomor virtual credit card dari Bank Negara Indonesia (BNI).

Oleh karena itu, sebelum Anda mengatur BNI Debit Online, pastikan Anda memiliki rekening BNI.

Setelah Anda mendaftar dan mengaktifkan akun Anda, Anda cukup mengetik “REQ VCN” dan mengirimkan nomor yang kami tentukan. Setelah itu, silahkan ikuti proses request dan VCN akan dikirimkan ke ponsel Anda.

Sekadar informasi, 16 digit angka tersebut berlaku selama dua jam setelah diterima dan hanya dapat digunakan satu kali. Sayangnya, provider yang bekerja sama dengan BNI ini hanya bermitra dengan Telkomsel, Indosat, dan XL, dan layanan ini masih belum tersedia melalui internet banking.

3. Mandiri Debit Online

VCC Bank Mandiri didasarkan pada penggunaan one time password (OTP) alias kode sekali pakai.

Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu mengirim SMS atau apapun ke Mandiri. Cukup masukkan 3 digit nomor CVV di belakang kartu debit Anda di situs merchant yang diverifikasi oleh Visa (diverifikasi oleh Visa/3D secure).

Setelah itu, sistem Bank Mandiri secara otomatis akan mengirimkan OTP ke ponsel Anda untuk verifikasi.

4. BCA KlikPay

Untuk menggunakan BCA KlikPay, Anda perlu mengakses laman situs KlikPay. Nantinya, user ID dan password atau kata sandi didapat melalui registrasi dan aktivasi lewat KlikBCA.com.

Sumber pendanaan KlikPay dapat dipilih dari rekening debit atau kartu kredit BCA. Jika Anda menggunakan rekening debet, saldo akan otomatis berkurang setelah Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit BCA virtual Anda.

Sedangkan jika sumber dananya adalah kartu kredit, maka pembayarannya akan dibebankan ke kartu tersebut.

Untuk cara kerjanya, ketika Anda ingin membeli sesuatu secara online, Anda hanya perlu memilih metode pembayaran KlikPay. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman login BCA KlikPay (klikpay.klikbca.com).

Selanjutnya, masukkan one-time password (OTP) setelah Anda login. Setelah Anda menerima SMS berisi OTP, masukkan ke kolom yang sesuai untuk menyelesaikan transaksi Anda.

Kesimpulan

Dengan bantuan cara diatas, anda sudah bisa membuat kartu kredit virtual dengan mudah dan cepat. Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang cara membuat kartu kredit virtual.

Dapatkan info menarik lainnya hanya di https://www.news.web.id/.