Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Keuangan? Panduan Pemula

Apa Itu keuangan? - Dunia Finansial atau keuangan bergejolak dan tidak dapat diprediksi. Ini adalah bidang yang perlu dipelajari dan dianalisis dengan cermat untuk membuat keputusan yang tepat. 

Ada banyak aspek berbeda dari dunia keuangan yang perlu dipahami agar seseorang bisa sukses di dalamnya. 

Apa Itu Keuangan

Artikel ini akan memberi Anda gambaran umum tentang beberapa aspek ini, sehingga Anda dapat mengetahui apa sebenarnya bidang ini.

Sekilas Dunia Keuangan

Keuangan adalah kata yang telah digunakan lebih sering daripada kata lain dalam dekade terakhir ini. Ini juga menjadi lebih penting daripada sebelumnya, dengan orang-orang yang mencari cara berbeda untuk membuat uang mereka tumbuh lebih cepat daripada yang seharusnya dilakukan sendiri. Ada banyak aspek dalam bidang ini, yang menyulitkan seseorang yang tidak tahu

Sejarah Keuangan di Amerika Serikat

Sejarah keuangan di Amerika Serikat adalah sejarah yang panjang dan kompleks. Lembaga keuangan besar pertama di Amerika Serikat diciptakan oleh Alexander Hamilton, yang juga Menteri Keuangan pertama.

Revolusi Amerika mengarah pada pembentukan pemerintahan baru dengan ekonomi yang belum pernah ada sebelumnya. Itu adalah ekonomi yang sangat bergantung pada pertanian, yang telah menjadi dasar bagi sebagian besar ekonomi sebelum titik ini.

Revolusi Amerika juga menyebabkan serangkaian peristiwa yang akan membentuk pandangan dunia tentang ekonomi secara umum. Satu peristiwa yang dikenal sebagai "Panic of 1819", yang terjadi ketika bank-bank terpaksa tutup karena mereka tidak memiliki cukup mata uang (emas atau perak). 

Peristiwa ini menyebabkan orang kehilangan kepercayaan pada bank dan menyebabkan banyak orang menjauh dari mereka selama beberapa dekade setelahnya

Peran Pasar Keuangan dalam Masyarakat

Ada banyak cara di mana pasar keuangan dapat digunakan untuk memperbaiki masyarakat;

  • mereka dapat memberikan insentif bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan,
  • mereka dapat membantu orang menabung untuk masa pensiun,
  • mereka dapat mendorong orang untuk menghemat lebih banyak uang dengan mempermudah mereka melakukannya.

Bagaimana Pasar Keuangan Bekerja?

Pasar keuangan adalah tempat di mana pembeli dan penjual aset keuangan (saham, obligasi, dll.) bertemu untuk berdagang. Istilah "pasar keuangan" biasanya digunakan untuk merujuk pada pasar saham dan obligasi, tetapi juga dapat mencakup jenis aset lain seperti komoditas atau mata uang.

Bagian ini membahas bagaimana cara kerja Pasar Keuangan?

Pasar keuangan adalah tempat di mana pembeli dan penjual aset keuangan (saham, obligasi, dll.) bertemu untuk berdagang. Istilah "pasar keuangan" biasanya digunakan untuk merujuk pada pasar saham dan obligasi, tetapi juga dapat mencakup jenis aset lain seperti komoditas atau mata uang.

Butuh informasi lebih lengkap tentang keuangan? anda bisa terus mengunjungi Indonesia News untuk mendapatkan update terbarunya