Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Podcast? Pemula Wajib Tau

Apa Itu Podcast? - Dalam banyak hal, podcast dapat menjadi media yang pas untuk membantu Anda mendapatkan pendengaran. Bagi pengguna baru podcast, mereka mungkin tidak tahu apa itu terutama dan apa keuntungannya. Sebenarnya, ada banyak caranya untuk mencari podcast dan mendownloadnya di smartphone atau tablet.

Apa itu podcast

Sejarah Podcast

Sejarah Podcast pertama kali muncul dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Ben Hammersley di surat kabar Guardian pada tahun 2004. Kata “podcast” sendiri berasal dari kata Pod, yang berasal dari Playable on Demand.

Podcast pada awalnya dirancang untuk dimainkan di gadget yang menggunakan sistem iOS, seperti Mac dan iPod. Podcast menjadi semakin populer dari tahun ke tahun, mencapai puncak popularitasnya pada tahun 2007. Bahkan sekarang podcast berkembang pesat.

Dengan kemajuan zaman modern, menjadi lebih mudah untuk mengakses dan berlangganan podcast. Sistem akses yang fleksibel inilah yang membuat podcast booming di pendengar.

Apa Itu Podcast

Podcast adalah rekaman konversasi berbentuk audio yang membahas suatu topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan yang dapat didengarkan. Podcast banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita,

Podcast merupakan salah satu konten yang paling digemari karena bisa disimak sambil jalan-jalan, seperti dalam perjalanan ke kantor atau pun saat bekerja. Ini karena kita tidak harus melihat sesi podcast secara visual.

Podcast berbeda dengan radio karena kita dapat memilih topik untuk didengarkan atau melewatkan segmen yang tidak kita sukai.

Selain itu, podcast dapat menjadi peluang investasi berbiaya rendah saat ini, karena tidak memerlukan stasiun radio. Pendengar juga memiliki kesempatan untuk memilih topik yang sesuai dengan selera mereka.

Podcast adalah jenis media digital yang dapat diunduh dari platform seperti iTunes dan Spotify. Ada podcast yang hanya audio, tetapi banyak podcast lainnya memiliki komponen audio dan visual.

Manfaat dan Kelebihan Podcast

Podcast memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan dibandingkan channel lainnya. Selain tersedia kapan saja, di Podcast Anda juga dapat mengatur topik rekaman audio yang ingin Anda dengarkan mulai dari topik ringan seputar pendidikan, musik, diskusi, dan lain sebagainya. Beberapa kelebihan podcast lainnya adalah:

  1. Banyak pilihan topik, Podcast memiliki banyak topik. Komedi, musik, film, dan politik hanyalah beberapa di antaranya.
  2. Tidak menayangkan iklan, Podcast berbeda dari radio, yang selalu memiliki iklan. Tanpa gangguan komersial, mendengarkan podcast terasa lebih nyaman dan fokus.
  3. Fleksibel, Podcast dapat didengarkan kapan saja dan di mana saja. Podcast juga bisa digunakan saat akan berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau saat merasa bosan.

Beberapa Tipe Podcast

Podcast memiliki beberapa macam tipe dimana setiap tipe podcast memiliki audiens nya sendiri. Berikut adalah penjelasan singkatnya

Interview podcast

Interview podcast adalah podcast dimana pembawa acara akan melakukan wawancara dengan tamu atau pembicara yang berbeda di setiap episodenya. Salah satu contoh podcast wawancara bisa dilihat di channel Youtube Deddy Corbuzier.

Podcast solo

Podcast solo adalah podcast yang dipandu oleh satu orang atau monolog. Podcast solo bertujuan untuk menyampaikan pendapat, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab.

Dimana, dilakukan oleh tuan rumah dan pendengar. Salah satu contoh podcast jenis ini adalah Podcast Smart Passive Income yang dibawakan oleh Pat Flynn yang merupakan contoh podcast solo yang sangat menarik.

Podcast multi-host

Podcast multi host adalah podcast yang memiliki lebih dari satu host. Tujuan memiliki banyak host dalam satu podcast adalah untuk memberikan diskusi dan menawarkan perspektif yang berbeda,

untuk memperluas percakapan. Salah satu contoh podcast multi-host yang sukses adalah The Fizzle Show. Acara ini diselenggarakan oleh Caleb Wojcik, Corbett Barr, dan Chase Reeves.

Rekomendasi Channel Podcast

Bagaimana menikmati konten podcast? Kami membagikan beberapa channel podcast terbaik untuk mengubah kebiasaan belajarmu.

  • Subjective
  • Awal minggu
  • Sudut pandang
  • Makna talks
  • Podcast awal minggu
  • Appscoast
  • Do you see what i see
  • PORD (Podcast Raditya Dika)
  • Kejar paket pintar

Aplikasi Untuk Podcast

Beberapa aplikasi dapat digunakan untuk menikmati konten podcast, apa saja itu? Berikut adalah daftarnya

Anchor

Anchor adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi podcast yang terdengar familiar bagi banyak pendengar. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendengarkan dan membuat podcast juga. Konten yang sudah dibuat juga menghasilkan pendapatan.

Podbean

Aplikasi ini mungkin kurang populer dibandingkan aplikasi lain. Namun, Podbean adalah aplikasi podcast yang cukup bagus. Podbean menyediakan banyak podcast yang dikategorikan bagi pengguna untuk berlangganan podcast yang mereka sukai.

Castbox

Menyediakan lebih dari 1 juta koleksi podcast seperti iTunes. Aplikasi podcast ini mencakup dukungan untuk 70 bahasa, dan lainnya. Sama seperti Anchor, Castbox bebas dari iklan, dan dapat diunduh secara gratis.

Spotify

Aplikasi yang melebarkan sayapnya dengan tidak hanya menyediakan konten musik dalam aplikasinya, tetapi juga menyediakan konten podcast dengan topik yang lengkap.

YouTube

Podcast adalah sejenis program di mana orang dapat mendengarkan musik dan file audio lainnya. Isi podcast ini juga berbeda dengan channel lainnya. Karena podcast di youtube menyediakan konten audio dan visual.

Cara Membuat Podcast Sendiri

Banyak sekali cara untuk membuat podcast, bahkan hampir semua kelas pertemanan sendiri juga menyediakan aplikasi untuk membuat podcast.

Berikut beberapa cara membuat podcast sendiri dengan mudah:

Menentukan tema Podcast

Podcast disiarkan secara masif melalui layanan musik digital. Beberapa media podcast yang ada biasanya menyediakan tayangan berdasarkan kategori seperti komentar olahraga, komedi, berita politik, musik, film dan lain-lain. Pilih topik atau niche yang sesuai dengan minat dan pengetahuan Anda

Menyiapkan tempat Podcast

Siapkan tempat/studio yang kedap suara agar tidak ada noise (gangguan) saat merekam podcast.

Menyiapkan peralatan Podcast

Perlengkapan Podcasting meliputi Mikrofon, Perekaman Audio, Software editing, dll. Untuk memastikan Anda mendapatkan semua perlengkapan yang Anda butuhkan, tentukan perlengkapan Podcasting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menentukan niche/topik Podcast

Pilihan niche podcast adalah memilih topik yang didominasi sehingga memudahkan dalam proses pembuatan podcast.

Menguasai materi Podcast

Sebelum merekam, tinjau kembali materi yang akan Anda presentasikan. Sebaiknya tulis outline agar Anda dapat merekam dengan lebih lancar.

Mengedit Hasil podcast

Memaksimalkan hasil perekaman yang sudah dilakukan, fungsi ini digunakan untuk menjaga konsistensi volume, menambah intro dan outro, memperbaiki kesalahan dan menghilangkan celah udara yang kosong. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Audacity, Adobe Audition atau GarageBand.

Kesimpulan

Podcast adalah sebuah solusi yang tepat bagi mereka yang ingin berkomunikasi dengan audiens secara langsung. Dengan menggunakan podcast, Anda dapat membangkitkan minat untuk mendengarkan program Anda. nantikan artikel selanjutnya di https://www.news.web.id/.