Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis dari Rumah

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis dari Rumah - Popularitas bisnis internet di Indonesia diprediksi akan meningkat dari tahun ke tahun. Pola ini terlihat dari tingginya penetrasi internet di Indonesia. 

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis dari Rumah

Pada tahun 2019, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan ada sekitar 171 juta pengguna internet aktif yang tersebar di seluruh nusa tenggara

Sungguh target pasar yang menggiurkan. Tidak mengherankan bahwa banyak karyawan berhenti dari pekerjaan mereka untuk mengejar impian mereka. Apakah Anda memiliki rencana yang sama? Ikuti tips ini untuk memulai bisnis dari rumah dan menjadi sukses.

1. Hobi dan Bakat

Jika Anda ingin sukses dalam bisnis online, mulailah dengan sesuatu yang Anda sukai, karena pada akhirnya Andalah yang akan menghabiskan waktu paling banyak untuk mengelola bisnis Anda.

Pikirkan tentang bakat dan minat Anda, lalu temukan ceruk yang bisa diubah menjadi peluang bisnis. Misalnya, jika Anda suka menjahit pakaian tradisional Jawa, mulailah berjualan melalui media sosial atau layanan e-commerce.

2. Modal yang Cukup

Padahal, modal bukanlah syarat utama menjalankan bisnis dari rumah. Tetapi memulai bisnis tanpa uang bukanlah pilihan. 

Sebelum memulai, pertimbangkan berapa modal yang akan dibutuhkan untuk biaya operasional seperti sewa tempat, membeli alat produksi, membayar gaji karyawan dan pengeluaran lainnya.

Anda bisa mendapatkan pinjaman dari bank atau rekening tabungan Anda. Apapun pilihan pendanaan yang Anda pilih, pastikan Anda telah memperhitungkan dampak dari keputusan tersebut, terutama jika bisnis Anda sedang mengalami masalah. 

Ketahui apa yang dapat Anda bayar kembali, terutama jika Anda berada di tengah-tengah usaha bisnis.

3. Administrasi yang teratur

Kesuksesan sebuah bisnis terletak pada administrasinya. Jangan lupa tentang ini. Bahkan bisnis lokal kecil pun perlu memiliki pengelolaan arsip yang teratur agar dapat tumbuh dan berhasil di masa depan.

Tips saya, jangan pernah mencampurkan uang bisnis dengan uang pribadi. Catat pendapatan dan pengeluaran Anda sekecil mungkin. Memiliki keterampilan administrasi yang baik akan membantu Anda dalam mengevaluasi bisnis Anda—apakah menguntungkan atau tidak.

4. Survei Pasar

Meneliti survei pasar sangat penting untuk bisnis masa depan Anda, saya katakan. Jadi, periksa apa yang konsumen pikirkan tentang produk Anda, berapa banyak yang bisa mereka bayar untuk itu, siapa pesaingnya, dan sebagainya.

Survei akan membantu Anda mengidentifikasi tren bisnis di masyarakat. Dengan begitu, proses produksi dan pemasaran akan lebih tepat sasaran, sehingga bisnis Anda dapat terus berkembang di tengah persaingan yang ketat.

5. Dukungan Keluarga

Yang terpenting, jangan lupa untuk meminta dukungan keluarga, baik secara mental maupun finansial. Biarkan mereka mengerti bahwa Anda memulai bisnis dari rumah. Dukungan dari orang yang Anda cintai adalah aset yang tidak bisa cukup dihargai.

Kesimpulan

Jika Anda sudah siap, segera buatlah suatu rencana bisnis yang akan bisa membantu Anda menjalankan bisnis dari rumah. Dalam artikel ini kami telah memberikan tips-tips yang sangat berguna, oleh sebab itu pastikan untuk melakukan percobaan sendiri. Selamat Mencoba!.