Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Pengusaha UMKM

Hal Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Pengusaha UMKM - Kepemimpinan adalah satu hal, dan kreativitas adalah hal lain, yang harus dikuasai oleh pengusaha di UKM

5 Hal Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Pengusaha UMKM

Dari krisis ke krisis, perekonomian nasional berhasil keluar dari krisis, antara lain berkat peran UKM. Kedua hal tersebut berkontribusi menjadikan UKM tangguh di tengah krisis ekonomi. Tidak dapat dihindari bahwa pemerintah bertujuan untuk terus mendukung Pengusaha UMKM

Jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) meningkat pesat. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UKM hingga Mei 2021 sudah mencapai 64,2 juta. Kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% atau senilai Rp 8.573 triliun.

Baca Juga : Kunci Sukses Menjalankan Bisnis dari Rumah

Persiapan sebelum Menjadi Seorang Pengusaha UMKM

Jika Anda telah memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan, inilah 5 hal yang perlu Anda kuasai jika bisnis Anda ingin bersaing dan berkembang.

1. Kepemimpinan

Pengusaha di sektor UMKM menghadapi banyak masalah dalam menjalankan usahanya. Masalah tersebut dapat bersifat internal maupun eksternal. Kemampuan mengatasi permasalahan tersebut sangat penting bagi seorang pengusaha UMKM.

Kemampuan untuk mengembangkan rasa percaya diri berasal dari keterampilan kepemimpinan. Anda dapat mempelajari berbagai jenis kepemimpinan melalui contoh nyata dari pengusaha sukses. Anda juga dapat mempelajarinya melalui buku-buku yang berfokus pada kepemimpinan serial.

Begitu banyak elemen yang bisa dipelajari dengan menghadiri seminar, membaca buku dan posting blog tentang kepemimpinan. Namun, yang terpenting adalah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepemimpinan pengusaha di UKM akan diperkuat dan dibentuk melalui pengalaman masing-masing, yang berlangsung selama usaha yang dijalankan selama kurun waktu bertahun-tahun. 

Saat Anda tumbuh lebih kuat dalam menghadapi tantangan bisnis, kepemimpinan Anda menjadi lebih teruji. Menjadi pemimpin terbaik!

2. Kreativitas 

Kreativitas yang rendah menyebabkan banyak dihasilkan produk sejenis dari usaha kecil menengah, dengan merek atau merek dagang sendiri. Hal ini membuat persaingan antar usaha kecil dan menengah sangat tinggi. 

Akibatnya, kondisi ini akan menjadi masalah bagi usaha kecil dan menengah, terutama dalam hal kelangsungan usaha dan daya saing.

Menurut Kumparan (14/12/2021), Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa produk UMKM memiliki kecenderungan untuk bersaing satu sama lain dengan menciptakan merek sendiri, tetapi kurang menciptakan nilai. 

Baca Juga : Cara Mendapat Uang Tambahan Dari Freelance

Oleh karena itu persaingan menjadi ketat karena para pengusaha UMKM saling bersaing.

Catatan Menteri tersebut menunjukkan kurangnya kreativitas di kalangan pengusaha UMKM. Jadi, Anda harus mempertimbangkan hal ini sebelum memutuskan untuk menjadi pengusaha UMKM.

Ciptakan produk baru yang berbeda, lebih beragam, agar UMKM semakin berkembang kedepannya!

3. Miliki Tim Kerja yang Handal 

Hal penting ketiga yang harus dikuasai sebagai pemilik usaha kecil adalah kemampuan merekrut staf yang berkualitas. Tentu saja poin ini sangat penting karena bisnis Anda tidak bisa berjalan mulus tanpa tim yang terampil dan kreatif. 

Ada kalanya merekrut melalui keluarga atau teman adalah pilihan terbaik, tetapi itu bukan satu-satunya.

Di sisi lain, usaha kecil seringkali membutuhkan orang-orang profesional yang bukan berasal dari keluarga atau kerabat Anda. Melalui lowongan kerja yang diumumkan di media sosial dan media massa, atau memposting lowongan kerja pada papan nama di luar toko Anda.

Banyak kriteria yang dipertimbangkan dalam perekrutan tim yang kompeten, seperti keterampilan atau kemampuan yang dimiliki, pengalaman kerja di bidang apa pun dan di mana pun Anda pernah bekerja sebelumnya. 

gaji apa yang diharapkan, seberapa setia dia kepada perusahaan, ide dan kreativitas yang dia dapat tawarkan kepada Anda dan banyak lagi.

Seorang pengusaha UKM harus mengetahui secara tepat dan akurat siapa karyawannya, sehingga kebutuhan bisnisnya terpenuhi dengan memiliki tim yang terampil. Tentu saja, kemampuan rekrutmen juga berasal dari pengalaman atau waktu terbang masing-masing.

4. Mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB)

Pemilik usaha di Indonesia wajib memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha), agar usahanya dapat didaftarkan melalui portal Single Submission (OSS) online dari Kementerian Penanaman Modal/Badan Koordinasi Penanaman Modal. 

Jika pemilik usaha mikro memiliki lebih dari satu usaha, maka hanya ada satu NIB yang harus ditangani. NIB merupakan kartu tanda pengusaha UMKM. 

Apa Manfaatnya NIB? 

Pembentukan NIB akan membantu pemilik usaha kecil yang dijamin secara hukum. Selain itu juga akan membantu UMKM yang membutuhkan dukungan pemerintah, fasilitas perbankan, kesempatan pelatihan dan kesempatan mengikuti tender pemerintah. 

Pengelolaan NIB tidak dipungut biaya dan dilakukan secara online melalui portal OSS.

5. Mampu Menerapkan Teknologi 

Banyak UKM yang memanfaatkan penerapan teknologi dalam mengelola usahanya. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis yang dapat melayani pembayaran non tunai.

Pemilik usaha di UMKM penting untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi saat ini, terutama dalam tata niaga. Salah satu perubahan tersebut adalah dari pembayaran tunai menjadi metode pembayaran nontunai atau “tanpa uang tunai”.

Baca Juga : Keuntungan Menyewa Podcast Room

Adaptasi dapat dilakukan jika pengusaha UMKM ingin mempelajari dan menerapkan sistem aplikasi penjualan digital. Dimana, sistem memungkinkan setiap pelanggan untuk membayar produk atau layanan yang mereka beli melalui e-wallet dan m-banking. 

Hal ini bisa dilakukan, jika toko atau bisnis UMKM yang Anda jalankan, menerapkan sistem QRIS.

Kesimpulan 

Sebagian besar orang yang berpikiran negatif menganggap bahwa bisnis pengusaha kecil adalah hal yang sulit dilakukan. Padahal kenyataannya, jika anda memiliki 5 hal penting yang harus dikuasai untuk memulai usaha, maka anda akan bisa melakukannya dengan mudah.