Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Bikin Anak Betah Belajar di Rumah

Cara bikin anak betah belajar di rumah - Untuk menghentikan penyebaran Covid-19, salah satu hal paling sederhana yang bisa dilakukan seseorang adalah tetap di rumah. 

Selain menyemangati WFH (work from home) atau bekerja dari rumah, ada juga anjuran untuk berdoa dan belajar di rumah.

Cara Bikin Anak Betah Belajar di Rumah

Tentu, belajar di rumah tidak hanya menjadi tantangan bagi siswa dan guru tetapi juga bagi orang tua yang menggantikan sebagai guru selama mereka belajar di rumah selama wabah virus Corona. 

Banyak orang tua yang mengeluh kesulitan dan kebingungan untuk membuat anaknya disiplin dan senang belajar di rumah.

Selain membantu anak-anak kita mengerjakan pekerjaan rumah, sebagai orang tua kita juga didorong untuk membuat anak-anak kita merasa nyaman saat mengerjakan pekerjaan rumah. Inilah 6 cara membantu anak Anda belajar di rumah selama wabah virus Corona

1. Pengetahuan Parenting Selama Pandemi

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membantu anak Anda menikmati belajar di rumah selama wabah virus Corona adalah dimulai dari diri sendiri sebagai orang tua, melalui peningkatan pengetahuan parenting selama wabah.

Menurut Pakar Perlindungan Anak Unicef Indonesia, Astrid Gonzaga Dionisio, dikutip dari covid-19.go.id, pengasuh bisa jadi cukup melelahkan, karena harus juga mendampingi anaknya dan siap pakai gadget dan internet. Tentu saja itu bisa menimbulkan stres, apalagi jika tidak ada yang membantu.

2. Kegiatan Bersama

Rutinitas dan kesibukan orang tua saat bekerja seringkali membuat hubungan orang tua dan anak menjadi jauh. Melalui kampanye #dirumahaja, Astrid menilai hal ini menjadi peluang yang baik bagi para orang tua untuk melakukan kegiatan bersama anak di rumah, sehingga bisa lebih dekat dengan anak.

3. Menjadi Guru di Rumah

Belajar di rumah memberi orang tua tanggung jawab tambahan untuk menjadi guru pengganti. Bagi sebagian orang, ini tidak mudah, tetapi butuh kesabaran untuk melakukannya dengan benar.

Orang tua juga diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anaknya, sehingga anak tidak merasa bosan tetapi ingin belajar dengan senang hati dan tetap bersama orang tuanya.

4. Memiliki Jadwal yang Jelas

Sama seperti di sekolah, belajar di rumah juga harus memiliki jadwal. Tentunya hal ini bertujuan agar anak tetap disiplin walaupun belajar di rumah.

5. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Penting bagi orang tua untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman agar anak-anaknya senang belajar di rumah. Suasana yang nyaman dan bersahabat akan membawa kebahagiaan selama belajar.

Biarlah ada meja dan kursi yang ukurannya sesuai untuk anak itu. Selain itu, furnitur harus nyaman untuk anak belajar seperti di ruang sekolahnya. Terkadang, Anda dapat mengubah salah satu ruangan di rumah Anda menjadi ruang belajar bagi anak Anda untuk meningkatkan rasa berada di sekolah dan belajar.

6. Penghargaan pada Anak

Selain menciptakan suasana belajar yang nyaman, upaya agar anak mau belajar di rumah juga bisa dilakukan dengan mempertimbangkan pemberian reward.

Hadiah dapat diberikan kepada anak-anak dengan menggunakan sistem poin atau bintang. Jika seorang anak menyelesaikan tugas dengan cepat, berapa banyak poin yang mereka dapatkan. 

Jika seorang anak bekerja keras dan pekerjaannya bagus, mereka mendapat lebih banyak poin. Dan jika seorang anak mengambil tantangan di kelas dengan inisiatif dan kreativitas, mereka mendapatkan poin tertinggi.

Pemberian poin yang telah dikumpulkan dapat diubah menjadi pemberian hadiah. Pastikan hadiah yang diberikan berkesan atau bermakna bagi anak Anda, seperti kartu pos buatan orang tua dan berisi kata-kata inspiratif.

Kesimpulan

Kesimpulannya, yang terpenting adalah membantu anak belajar di rumah. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti dengan membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan juga dengan memberikan mereka tempat bermain di luar rumah! 

Semoga tips ini akan membantu Anda membuat anak-anak Anda bahagia saat mereka belajar. baca juga tips lainnya di www.news.web.id