Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Analisis Fundamental Saham

Cara Membaca Analisis Fundamental Saham - Berinvestasi dalam saham bisa menjadi cara yang bagus untuk menumbuhkan uang Anda, tetapi penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. 

Cara Membaca Analisis Fundamental Saham

Analisis fundamental adalah salah satu cara untuk meneliti saham dan menemukan yang terbaik untuk berinvestasi. Artikel ini akan mengajarkan Anda cara membaca analisis fundamental untuk pemula investasi saham.

Saat berinvestasi di saham, analisis fundamental merupakan langkah penting. Ini melibatkan membaca keuangan perusahaan untuk menentukan kualitasnya. 

Dengan memahami kekuatan dan kelemahan perusahaan, kita dapat memastikan apakah itu investasi yang sehat atau tidak.

Baca Juga: Manfaat Pentingnya Berinvestasi

Analisis fundamental juga dapat membantu kita menentukan strategi investasi saham terbaik. Dengan cara ini, kita dapat menghindari saham yang tidak layak dibeli dan meminimalkan risiko kerugian dari berinvestasi. berikut caranya:

Gunakan pendekatan top-down

Saat membaca analisis fundamental saham, sebaiknya gunakan pendekatan top-down. Pendekatan top-down melibatkan analisis sekuensial. 

Langkah pertama adalah menganalisis lingkungan makro, yang berarti melihat kebijakan ekonomi Indonesia, seperti tingkat pertumbuhan PDB, suku bunga, dan sebagainya.

Cermati PER

Setelah menggunakan pendekatan top-down, langkah selanjutnya dalam analisis fundamental saham adalah melihat PER atau Price Earning Ratio. Langkah ini digunakan untuk menentukan saham mana yang akan dibidik. Apakah harga saham termasuk murah atau mahal?

Meskipun harga rendah, jangan hanya fokus pada itu. Harga murah bukan berarti kualitas bagus. Sebelum memutuskan untuk membeli saham dengan PER rendah, lihat dulu kualitasnya.

Kenali perusahaan dengan baik

Jangan hanya fokus pada PER, Anda juga perlu mengenal perusahaan dengan baik. Karena mengenal perusahaan dengan baik merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam investasi saham jangka panjang sehingga Anda dapat memaksimalkan keuntungan Anda.

Pastikan untuk membiasakan diri dengan perusahaan dengan baik. Pelajari produknya, seberapa besar pasarnya, seperti apa model bisnisnya, dan apakah produknya sudah dipatenkan atau tidak. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengetahui siapa pemimpin perusahaan!

Pastikan laba perusahaan meningkat

Selanjutnya, lihat laba bersih perusahaan saat menganalisis pola fundamental saham. Pastikan laba bersih perusahaan selalu naik. Hindari saham dengan keuntungan yang tidak stabil dan selalu berubah.

Itu bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng. Lagi pula, laba bersih yang terus meningkat menunjukkan bahwa kinerja perusahaan baik. Dengan kata lain, ia memiliki kinerja positif dan laba yang konsisten.

Perhatikan nilai utang perusahaan

Selanjutnya, penting untuk melihat tingkat utang perusahaan sebagai bagian dari analisis saham fundamental. Secara umum, utang merupakan hal yang biasa bagi perusahaan karena dapat digunakan untuk membiayai ekspansi bisnis.

Meskipun penting untuk mencatat jumlah hutang yang dimiliki perusahaan, terlalu banyak bisa menjadi hal yang buruk. Hutang yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan keuntungan dan berkurangnya pengembalian bagi investor.

Pembagian dividen

Berinvestasi dalam saham memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dividen. Oleh karena itu, mengawasi dividen sama pentingnya dengan menganalisis fundamental perusahaan.

Untuk mengetahui berapa banyak perusahaan membayar dividen, kita dapat melihat Rasio Pembayaran Dividen. Nilai ini akan menunjukkan kepada kita berapa persentase pendapatan yang dibayarkan perusahaan dalam bentuk dividen.

Kesimpulan

Mungkin sulit untuk dipahami pada awalnya, tetapi begitu Anda memahaminya, analisis saham fundamental akan menjadi keterampilan penting untuk investasi jangka panjang. 

Dengan meminimalkan risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan, Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk berhasil dengan investasi pasar saham.